Profil Gabpeknas

GABPEKNAS adalah Asosiasi Perusahaan Kontraktor Nasional yang berdiri sejak tahun 2001 di Jakarta Timur. Saat ini anggota GABPEKNAS sebanyak 19.739 perusahaan kontraktor, terdiri dari golongan kecil, menengah dan besar yang terbesar di seluruh Indonesia.

Sebagai Asosiasi Jasa konstruksi, GABPEKNAS menyelenggarakan Program-program pendidikan dan pelatihan bagi anggota serta memberikan berbagai informasi terkini tentang produk, teknologi konstruksi dan peluang pasar untuk anggotanya.

Adapun perjuangan GABPEKNAS sebagai berikut:

Era MUNAS Pita Giri 2001

GABPEKNAS meletakkan Dasar Organisasi Demokrasi dengan mengedepankan kepentingan anggota di seluruh Indonesia, dan membackup penuh LPJK di bawah kepeminpinan Bapak Ir. Agus Kartasasmita, dari rongrongan LJKI (LPJK tandingan).

Era Pasca MUNAS Hotel Borobudur Jakarta 2007

Era menata GABPEKNAS konsolidasi berorganisasi sehingga menjadikan Organisasi terbesar ke-2 (dua) di Indonesia.

Era MUNAS Hotel Safari Garden Cisarua 2012

Adalah masa masa pahit didalam konsolidasi Organisasi, karena LPJK menjadi dua, satu pihak LPJK yang mengayomi GABPEKNAS di bawah Undang-undang Nomor 18 Tahun 1999 hasil konvensi, satu pihak lagi LPJK bentukan Kementerian Pekerjaan Umum, sehingga GABPEKNAS kehilangan anggota sebanyak 75%.

MUNAS 2017 Hotel Grand Cempaka, Jakarta

Alhamdulillah atas izin Tuhan Yang Maha Kuasa, GABPEKNAS memasuki babak baru dimana Pemerintah Bapak Joko Widodo - Jusuf Kalla melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia menyatukan kembali LPJK dan, alhamdulillah GABPEKNAS menjadi Kelompok Unsur LPJK melalui Surat Keputusan yang diterbitkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia.

Visi

Terciptanya usaha jasa konstruksi GABPEKNAS yang modern, profesional dan berkualitas untuk kesejahteraaan masyarakat dan bangsa Indonesia.

Misi

Membangun kemandirian yang bersinergi pengusaha-pengusaha nasional di bidang usaha jasa konstruksi dalam satu iklim usaha yang menjunjung tinggi kode etik melalui peningkatan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, peningkatan kualitas sumber daya manusia dan pengembangan jaringan usaha.

KODE ETIK GABPEKNAS "PANCA SATYA"

1. Mentaati semua Perundang-undangan dan Peraturan yang berlaku dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berkaitan dengan usaha jasa konstruksi.
2. Berperan aktif dalam proses pembangunan nasional yang berkelanjutan.
3. Menghormati dan bertanggung jawab terhadap kesepakatan kerja dengan pengguna jasa.
4. Melakukan persaingan yang sehat dan menjauhkan diri dari prektek-praktek tidak terpuji dalam melakukan kegiatan usaha jasa konstruksi.
5. Tidak menyalahgunakan kedudukan, wewenamg dan kepercayaan yang diterima dari pengguna jasa konstruksi serta mendahulukan pelaksanaan tugas dan tanggungjawab dari pada haknya.
© 2012 GABPEKNAS